RINGKASAN SURVEI KEPUASAN MAHASISWA
Survei kepuasan pelanggan
merupakan salah satu cara untuk mengukur seberapa baik layanan yang ditawarkan
oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa), khususnya Program Studi Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memenuhi harapan dan
kebutuhan pelanggan (mahasiswa dan dosen). Survei ini mengadopsi metode SERVQUAL
dengan lima dimensi, yakni reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan
tangible. Survei ini menggunakan pendekatan cross-sectional di mana partisipan
mengisi instrumen survei secara daring melalui Single Sign On Unesa. Sasaran
dalam survei ini adalah mahasiswa Unesa, khususnya di Prodi Matematika FMIPA
Unesa. Survei dilakukan pada semester genap 2022/2023 dan sebanyak 292
mahasiswa Prodi Matematika FMIPA mengisi survei kepuasan. Metode
Importance-Performance Analysis, Gap Analysis, Paired Difference Test, dan
Tingkat Kepuasan Pengguna digunakan untuk menganalisis data.
Berdasarkan
hasil analisis data dari survei kepuasan mahasiswa Prodi Matematika FMIPA tahun
2023 diperoleh hasil, yakni semua indikator memiliki nilai
gap yang lebih dari 0,1. Sedangkan tingkat kesesuaian ada pada nilai
sekitar 94~96%. Urutan tingkat kesesuaian dari yang tinggi ke rendah
berdasarkan kelompok dimensi adalah
reliability (95.93%), assurance (95,84%), responsiveness (95,47%), tangibles (95,16%), dan
empathy (94,97%).
Indikator
dengan kesesuaian tertinggi adalah P13
(Tangible) dengan nilai kesesuaian
96,72%, yaitu ketersediaan, kecukupan, aksesibilitas, dan kualitas sarana
prasarana layanan bimbingan karir dan kewirausahaan. Sedangkan indikator dengan
tingkat kesesuaian paling rendah ada pada P15
(tangible) dengan nilai kesesuaian
93,56%, yaitu Kemudahan proses pengajuan/pembayaran /keterlambatan/keringanan
UKT.
Namun,
secara keseluruhan, berdasarkan hasil
perhitungan Grand Mean, total
kesesuaian antara kenyataan dan harapan yang dirasakan oleh para mahasiswa
berdasarkan rata-rata dari mean kelima dimensi dari survei kepuasan, yaitu
sebesar 95,40%.
Selain
itu yang menjadi perhatian juga adalah kemampuan dan kecepatan
petugas dalam memberikan layanan bimbingan karir dan kewirausahaan, kepedulian
petugas dalam menerima keluhan terkait layanan bimbingan karir dan
kewirausahaan, kemudahan proses pengajuan/pembayaran /keterlambatan/keringanan
UKT.
UPM - Prodi S1 Matematika Unesa