RINGKASAN SURVEI KEPUASAN DOSEN
Survei kepuasan pelanggan
merupakan salah satu cara untuk mengukur seberapa baik layanan yang ditawarkan
oleh Universitas Negeri Surabaya (Unesa), khususnya Program Studi Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) memenuhi harapan dan
kebutuhan pelanggan (mahasiswa dan dosen). Survei ini mengadopsi metode SERVQUAL
dengan lima dimensi, yakni reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan
tangible. Survei ini menggunakan pendekatan cross-sectional di mana partisipan
mengisi instrumen survei secara daring melalui Single Sign On Unesa. Sasaran
dalam survei ini adalah dosen Unesa, khususnya di Prodi Matematika FMIPA Unesa.
Survei dilakukan pada semester genap 2022/2023 (Januari-Juni 2023) dan sebanyak
12 dosen Prodi Matematika FMIPA mengisi survei kepuasan. Metode
Importance-Performance Analysis, Gap Analysis, Paired Difference Test, dan
Tingkat Kepuasan Pengguna digunakan untuk menganalisis data.
Berdasarkan hasil analisis data
dari survei kepuasan dosen Prodi Matematika FMIPA tahun 2023 diperoleh hasil,
yakni nilai gap negatif terbesar terdapat pada dimensi: 1) Reliability
yaitu pada indikator ketersediaan layanan dalam menunjang kegiatan tridarma
Perguruan Tinggi, administrasi dan layanan kebutuhan informasi secara on-line dan offline dengan akurat dan
memuaskan, 2) Responsiveness yaitu
pada indikator kemudahan layanan manajemen dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan
Tinggi dan P8 yaitu Ketepatan dalam
proses kenaikan pangkat, pengembangan karir, dan hak dosen, 3) Emphaty yaitu pada indikator keterbukaan hasil
penilaian proposal, pelaksanaan, sampai laporan akhir penelitian dan PKM .
Hal ini menunjukan bahwa tingkat harapan responden
melebihi tingkat kinerja/kenyataan kualitas layanan yang diberikan. Menurut
responden tingkat kesesuaian dengan harapan yang dirasakan pada variabel P2
sebesar 86,05%, P3 sebesar 86,36%, P8 sebesar 86,67%, dan P17 sebesar 86,67%.
Secara keseluruhan, total kesesuaian antara kenyataan dan harapan yang
dirasakan oleh dosen dari survei kepuasan adalah sebesar 91,41%.
Selain itu yang menjadi perhatian juga adalah: 1) Ketepatan dalam proses kenaikan pangkat, pengembangan karir, dan hak dosen, 2) Ketepatan pencairan gaji, sertifikasi dosen dan remunerasi 30 % di setiap bulan, 3) Keterbukaan hasil penilaian proposal, pelaksanaan, sampai laporan akhir penelitian dan PKM
UPM - Prodi S1 Matematika